Apple Akan Mengembangkan Chipset Seluler, Wi-Fi, Dan Bluetooth Pada Unsyiahpress

 

Apple saat ini sedang mengembangkan sendiri chipset seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth untuk perangkatnya.

Menurut laporan unsyiahpress.id pada Rabu (1/11/2023), Apple sedang mengembangkan chipset untuk menggantikan chipset Wi-Fi dan Bluetooth yang diproduksi oleh Broadcom.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa chip Apple ini akan mulai digunakan di berbagai perangkat perusahaan pada tahun 2025.

Bloomberg juga melaporkan bahwa Apple juga sedang mengembangkan modem selulernya sendiri untuk menggantikan Qualcomm.

Sebagai informasi, Qualcomm baru-baru ini merilis laporan pendapatan Q4 2022 yang diharapkan dapat mengakomodasi sebagian besar modem 5G miliknya untuk iPhone 2023.

Seperti perangkat lain besutan Apple, perusahaan asal Cupertino itu kemungkinan besar akan mulai memasang modemnya sendiri ke dalam satu produk.

Setelah itu, perusahaan akan pindah sepenuhnya ke modemnya sendiri dalam tiga tahun ke depan.

Jika Apple benar-benar memproduksi chipset secara massal, itu akan menjadi tambahan dari chipset kustom perusahaan yang sudah ada.

Sebagai informasi, Apple mengakuisisi “sebagian besar” bisnis modem smartphone Intel pada 2019.

Laporan Nikkei 2021 Apple ingin menggunakan modem 5G mulai 2023.

Namun menurut komentar terbaru dari Qualcomm, startup Steve Jobs tidak akan beralih hingga 2024.

Di sisi lain, menurut analis rantai pasokan Apple Ming-Chi Kuo, penggemar Apple mungkin tidak akan melihat peluncuran iPhone SE pada 2024.

Pada hari Jumat, Kuo memposting posting blog yang menyatakan bahwa Apple berencana untuk membatalkan produksi dan mengirimkan iPhone SE generasi ke-4.

Bulan lalu, Kuo berspekulasi bahwa iPhone SE gen 4 dapat dibatalkan atau ditunda.

Mengutip The Verge pada Sabtu (1 Juli 2023), Kuo mengatakan alasan ponsel itu dihentikan mungkin karena penjualan iPhone terjangkau ini lebih buruk dari perkiraan perusahaan.

Simak Juga  Arti NaN Koin Shopee Adalah?

Sebelumnya pada bulan September, Bloomberg melaporkan bahwa ada lebih banyak permintaan untuk iPhone 14 Pro daripada iPhone 14.

Ada juga kekhawatiran kenaikan harga akan membuat iPhone SE kurang menarik bagi pembeli yang sadar harga.

Bahkan, tidak mengherankan jika Apple belum merilis iPhone SE pada tahun 2024. Kuo dan Nikkei Asiar melaporkan bahwa sejak Maret, Apple telah mengurangi jumlah iPhone SE yang rencananya akan diproduksi. telah dirilis. dilepaskan.

Kami belum banyak mendengar tentang bagaimana penjualan iPhone SE 3rd gen, tetapi dapat dimengerti bahwa Apple tidak cepat menindaklanjuti smartphone yang tidak menghasilkan banyak uang.

Selain itu, tahun 2023 sepertinya akan menjadi tahun yang berat bagi perusahaan teknologi.

Sebagai referensi, iPhone SE generasi ke-3 dirilis dua tahun setelah rilis iPhone SE generasi ke-2, dan ada jeda 4 tahun sejak rilis model pertama. Hal yang disayangkan dari keberadaan iPhone SE gen 3 adalah Apple tidak mengubah desain ponsel ini selama bertahun-tahun sejak awal rilis.

Jika iPhone SE generasi ke-4 dibatalkan, sepertinya banyak pihak kecuali Qualcomm yang paham. Ini karena iPhone SE model generasi ke-3 menggunakan modem 5G Qualcomm.

Bahkan, menurut Kuo, Apple berencana menguji modem dan chipnya sendiri di iPhone SE berikutnya, sama seperti sebelumnya telah memperkenalkan chip tersebut di versi flagship iPhone.

Namun, kabar bahwa Apple mungkin tidak akan merilis iPhone SE pada tahun 2024 belum dapat dikonfirmasi, apalagi perilisan tahun 2024 sudah dijadwalkan.